Jumat, 08 Januari 2016

BAB 9 KEPERLUAN SEHARI-HARI



BAB 9 KEPERLUAN SEHARI-HARI
Gambar 3.1 kebutuhan sandang manusia
Gambar 3.2 kebutuhan pangan manusia
Gambar 3.3 kebutuhan papan manusia
          Apakah kalian memikirkan apa saja yang menjadi kebutuhan kalian untuk hari ini?. Pasti kalian akan memikirkan tentang  makan, minum, pakaian dan tempat tinggal saja. Sebenarnya masih banyak lagi kebutuhan yang kita perlukan dalam sehari-hari.
A.   Mendengarkan Dan Mengomentari Cerita Anak.
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indikator
·        memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
·        mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang di sampaikan secara lisan.

·        siswa mampu member komentar dengan kata-kata yang baik dan sopan.


Contoh: menceritakan tentang watak tokoh dari cerita:
                        Bawang Merah Dan Bawang Putih”.     
Gambar 3.4 karakter watak tokoh bawang merah dan bawang putih
Komentar yang diberikan:
a.     wah, jahat betul bawang merah itu !!    
b.     kasihan sekali bawang putih, seharusnya ia tidak begitu saja menerima perbuatan dari bawang merah. Sekali-kali harus berani berkata tidak kempada bawang merah yang telah memperlakuan dirinya dengan semena-mena.

B.   Membaca Nyaring.
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indikator
·        memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
·        menjelaskan isi teks (100-150) kata) memlalui membaca intensif
·        siswa dapat membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat dan menjawab pertanyaan tentang isi teks yang dibaca.

Agar kalian dapat menyimpulkan isi teks dalam sebuah kalimat kita harus.
1.     Membaca teks itu sampai mengerti betul.
2.     Menemukan tema teks tersebut.
3.     Menemukan inti pembicaraan pada teks tersebut.
Perhatiakan teks di bawah ini!

Kebutuhan Manusia Sehari-hari
Gambar 3.5 kebutuhan makan sehari-hari manusia
          Untuk dapat bertahan, manusia perlu makan dan minum. Nasi, jagung, ubi dan sagu adalah salah satu contoh makanan pokok yang diperlukan setiap hari. Selain makanan pokok, manusia juga memerlukan makanan tambahan, seperti sayuran, buah-buhan, daging, telur,dan ikan.
          Selain makan, kita juga memerlukan sandang, dan papan. Sebagi makhluk social yang beradab kita memerlukan pakaian sebagai bahan sandang. Apa yang terjadi apabila kita tiding mengenakan pakaian? Kerena itulah pakaian termasuk kebutuhan pokok.
          Rumah juga merupakan kebutuhan pokok manusia . rumah adalah tempat kita berlindung dari panas dan hujan. Semua orang memerlukan rumah sebagai tempat tinggal.
          Selain kebutuhan pokok, banyak kebutuhan lain yang harus kita penuhi. Kita butuh pendidikan agar menjadi pandai. Sekolah, guru, buku, dan lat tulis diperlukan agar kita dapat belajar. Di bidang kesehatan kita memerlukan obat, dokter, perawat, dan rumah sakit. Televisi, kebun binatang, pantai dan laut adalah sarana untuk memenuhi kebutuhan di bidang rekeasi.

C.   Menyusun Paragraph.
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator
·        mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraph dan puisi

·        menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
·        siswa dapat menerapkan ejaan untuk menulis paragraph. Menyusun paragraph dengan bahan yang sudah disediakan.


Pikiran pokok dalam sebuah paragrafdapat terletak di bagian awal, tengah, atau akhir paragraph. Agar lebih mudah dlam menyusunnya buatlah dulu pikiran pokoknya. Contohnya apa bacaan teks “Kebutuhan Manusia”.
Buatlah karangan dari pokok pikiran di bawah ini :
Ø Paragraf 1: manusia adalah makhluk sosial.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Ø Paragraf 2: kebutuhan manusia terdiri dari kebutuhan primer dan skunder.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Ø Paragraf 3: kebutuhan manusia itu bermacam-macam.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


D.   Menjelaskan Urutan Membuat Atau Melakukan Sesuatu.
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator
·        mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran.
·        menjelakan urutan membuat atau melakuan sesuatu dengan kalimat yang runtun dan mudah di pahami.

·        siswa dapat menjelaskan apa yang sudah ia pelajari dikelas dengan menjelaskan kepada orang lain di luar kelasnya.
Perhatikan contoh penjelasan cara membuat gantungan tas dari stik es krim berikut!
Bahan-bahan:                     Alat-alat
1.     Lem                                    1. Gunting
2.     Lima stik es krim                2. penggaris
3.     Benang wol
4.     Kertas krep
Cara membuatnya ;                              
1.     Susun lima stik es krim menjadi bentuk bintang!
2.     Rekatkan ujung stik es krim dengan ujung stik es krim lainya, diamkan smpai kering!
3.     Untuk membuat gantungan tali, potong memanjang  benang wol lalu kepang dan tempelkan disalah satu sudut bintang!
4.     Guntinglah lima potong kertas krep dengan ukuran 5cm × 1cm!
5.     Lem potongan kertas krep dibagian bawah bintang, tunggu sampai kering
6.     Gantungan tas siap digunakan.
Gambar 3.6 Gantungan Tas siap dipakai.

1 komentar:

Comments system

Disqus Shortname