BAB
10 KEGEMARAN KU
Gambar 4.1 hobi
menyanyi
Gambar 4.2 hobi menonton tv
Gambar 4.3 hobi menari
Gambar 4.4 hobi bermaian sepak bola
Gambar 4.2 hobi menonton tv
Gambar 4.3 hobi menari
Gambar 4.4 hobi bermaian sepak bola
Kalian semua pasti mempunyai kegemaran
yang berbeda-beda bukan! Apakah kegemaran kalian semua? Apa ada yang suka
bermain bola, menyanyi, menari, bermain boneka, bermain di taman bermain,
berolah raga, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa bika lakuan sebagai
aktifitas kita sehari-hari.
Kegemaran atau yang sering kita bilang hobi adalah kegiatan dimana kita bisa menyalurkan bakat kita dan bisa jadi nantinya akan menjadi suatu pekerjaan bagi kita dimasa depan.
Kegemaran atau yang sering kita bilang hobi adalah kegiatan dimana kita bisa menyalurkan bakat kita dan bisa jadi nantinya akan menjadi suatu pekerjaan bagi kita dimasa depan.
Contohnya saja kegemaran bermain bola,
kalau kita sering berlatih bermain bola maka nantinya kita akan pandai bermain
bola menguasi berbagai macam teknik bermain bolah yang baik dan benar, saat
kita semakin pandai kita bisa menjadi seorang pemain bola yang professional dan
bisa membanggakan orang tua, keluarga, sekolah bahkan membagakan Negara
Indonesia.
A. Mendengarkan Dan
Menirukan Dialog.
Standar kompetensi
|
Kometensi dasar
|
Indikator
|
·
memahami penjelasan
tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
|
·
memakukan sesuatu
berdasarkan penje-lasan yang disam-paikan secara lisan dengan cara meniru-kan
dialog
|
·
siswa dapat mengu-capkan
kaliamat berita, tanya, perintah dan merirukan dialog dengn tepat.
|
Di dalam kehidupan kita sehari-hari baik
di rumah mau pun di sekolah, telah banyak cerita yang kita dengar tentang
kegiatan keluarga dan teman-teman kita sendiri. Sehingga kita mengetahui watak
tokoh dalam cerita tersebut. Setelah kita mengetahui watak tersebuat kita
mungkin mampu untuk menirukan atau memerankan peran sebagai orang tersebut.
Dialog merupakan pembicaraan atau
percakan yang dilakuan oleh dua orang atau lebih.
Perhatikan dan
dengarkan dialog berikut ini :
Yuk,
berlatih !
Candra:
hallo Dan, lagi mau ngapain kamu?
Zidane:
hallo juga Dra, aku binggung ni mau ngapain!
Candra: loo.. kenapa
kamu binggung! Ayoo ikut aku aja kita pergi ke lapangan bola!
Zidane: HAH..!!! ke
lapangan bola, kamu kan tau aku tidak bisa bermain
bola..
Gambar 4.7 zidane dan candra berlatih sepak bola
bola..
Gambar 4.7 zidane dan candra berlatih sepak bola
Candra: kalau kamu
tidak bisa kamu harus belajar dan berlatih, siapa tau nanti kamu bisa menjadi
pemain bola yang hebat Dan,, ayoo nanti aku ajariin bagaimana caranya bermain
bola, daripada kamu hanya melamun di rumah dan tidak melakuan kegiatan apa
pun..!! ayo!!
Zidane: baiklah Can
kalau begitu aku akan berlatih bermain bola dengan kamu,!
Candra: nah begitu
dong,, yang semangat ya berlatihnya,,
Zidane: yuuk
berangkat,,
Percakapan diatas merupakan percakapan
yang dilakukanoleh candra dan zidane di depan rumah zidane, candra mengajak
zidane berlatih bermain bola dilapangan karena candra melihat kalau zidane
hanya duduk di rumah dan tidak melakuan kegiatan apa pun.
Dalam kutipan percakapan di atas bahwa
dapat di simpulkan bahwa tokoh candra adalah oaring yang perian, baik, dan mau
berbagi ilmunya kepada oaring lain sedangkan zidane tokonya malas dan tidak mau
melakuan kegiatan apa pun diluar rumah, tapi setelah di ajak dengan candra dia
pun mau berlatih, itu juga menunjukan bahwa zidane orangnya mau berusaha dan
belajar tentang hal baru.
B. Menceritakan Peristiwa.
Standar kompetensi
|
Kometensi dasar
|
Indikator
|
·
mengungkaokan
perasaan, pikiran, dan pengalaman dengan bertelepon dan bercerita.
|
·
menceritakan
peristiwa yang pernah di alami di lihat, dan di engar secra langsung.
|
·
siswa dapat
menyebutkan pengalaman yang paling berkesan dan menceritakan yang paling
penting bahkan menceritakan pengaman yang tidak dapat ia lupakan.
|
Setiap oaring mempunyai pengalaman yang
sangatlah berbeda-beda antara satu dengan yang lain, ada pengaman yang
menyenangkan, sedih, membanggaakan, dan ada pengalaman yang tidak dapat
dilupakan seumur hidup.
Perhatikanlah salah satu pengalaman yang
membanggakan dari salah satu teman kita berikut ini;
Pertama
Kalinya Aku Naik Pesawat!
Nama yuli aku tinggal di kota tenggarong.
Waktu itu aku diajak oleh saudaraku untuk melakukan kegiatan di sore hari, saat
itu aku menyadari bahwa aku akan di ajak berlatih di salah satu arena di
stadion, aku di ajak berlatih menjadi atlet angkat berat. Awalnya aku merasa
canggung dan kurang percaya diri di karenakan aku tidak bisa melakukan olahraga
angat berat tersebut, setelah berminggu minggu latihan akhirnya aku bisa
melakukannya dengan baik dan benar.
Saat itu aku melakukan seleksi untuk
mengikuti kejuaraan di Bekasi-Jakarta. Aku terpilih dan menjadi peserta di
kejuaraan itu. Aku sangat bahagia dan takut. Aku bahagia karena aku bisa
membanggakan orang tua ku, tapi aku takut karena aku tidak pernah naik pesawat,
aku takut melihat berita berita di televise yang memberitakan tentang pesawat
jatuh dan hlang di indoneisa ini.
Hari keberangkatan pun tiba, aku dan
rombongan sampai di bandara. Sesampainya dibandara tubuh ku tiba tiba dingin
karena aku takut, saat cek in tubuh ku bertambah dinggin dan rasa takut itu pun
semakimin jadi jadi. Masuk dipesawat aku duduk di tengah aku tskut untuk duduk
dipinggir dekat jendela, didalam peswat tangan ku terus menggenggap salah satu
tangan dari teman ku yang duduk di sampingku. Sepanjang perjalanan aku
tertidur.
Aku berada di bekasi selama 3 hari. Saat
pertandingan aku mendapatkan juara ke-3akum sanggat bangga dengan gelar juara
ku yang pertama walaupun tidak mendapatkan juara satu tapi aku senang dan
banyak mendapat pengalaman dari perjalanan aku melaksanakan kejuaraan di
bekasi.
Setelah membaca cerita di atas kita dapat
menceritakan kembali isi cerita tersebut. Agar kamu bisa menceritak cerita itu
kembali dengan mudah kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut ini agar
cerita mudah di pahami!
1. Dimana tempat tinggal Yuli?
2. Mengapa Yuli takut naik pesawat?
3. Yuli
menjadi atlet apa?
4. Dimama pertandingan kejuaraan yang di ikuti
yuli?
5. Berapa hari pertandingan itu berlangsung?
6. Yuli
mendapatkan juara berapa pada pertandingan itu?
Sesudah
kalian menjawab pertanyaan tersebut coba kalian ceritakan pengalaman yang
pernah kalian alami di depan kelas.
C.
Melengkapi
Isi Cerita Anak.
Standar kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Indicator
|
· Mengungkapkam
pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk kalimat dan paragraph.
|
· Melengkapi
cerita anak berdasarkan kata-kata yang sudah di sediakan.
|
· Siswa
dapat mencatat pokok-pokok isi gambar dan melengkapi isi cerita anak
berdasarkan gambar mau pun berdasarkan kata-kata yang sudah tersedia
|
Lengkapilah cerita
berikut dengan kata-kata yang tersedia.
Bermain Ke Kolam
Renang.
Pada hari minggu pagi
Rara sudah ……
Ayah, ibu dan kakaknya
mengajak pergi ke kolam renang.
Ibu dan Rara
menpersiapkan persiapan ……… yang akan di bawa untuk ke kolam renang.
Ayah dan kakak
mempersiapkan……
Setelah semuanya
selesai mereka berangkat ke kolam renang menggunakan mobil.
Jalanan pada hari minggu sangat ….. sehingga mereka
memerlukan waktu yang lama untuk sampai ke kolam renang. Ayah pergi memakir
kendaraan. Ibu, kakak dan Rara antre membali ……….. masuk. Tiket itu ……
354,355,356, dan 357. Ibu mengantar rara pergi ke … untuk berganti pakaian. Ayah
Gambar 4.8 Rara dan kelaurga di kolam renang
Gambar 4.8 Rara dan kelaurga di kolam renang
dan kakak jua pergi
untuk berganti pakaian ke toilet laki-laki. Mereka bertiga asik sekali bermain
air, sedangkan ibu menunggu mereka di pinggir kolam. Rara sangat senang di ajak
berlibur ke kolam berenang karena rara bisa menyalurkan hobinya sekalian ia
bisa sekalian berlatih.
pilihan jawabannya:
pilihan jawabannya:
Bekal
|
Macet dan Padat
|
Tiket
|
Bernomor
|
Bangun
|
Mobil
|
D.
Menulis
Puisi Berdasar Gambar.
Standar Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
Indicator
|
· Mengungkapkan
pikiran, dan perasaan, kedalam sebuah
karangan dan puisi sederhana yang baik dan tepat.
|
· Menulis
puisi berdasarkan gambar yang telah ada. Dengan menggunakan kata-kata yang
semenarik mungkin.
|
· Siswa
dapat menulis pokok isi dari gambar yang dilihat, meggambarkan bagaimna isi
pokok tersebut itu dan mampu merangkai kata-kata menjadi kalimat puisi yang
sangat puitis.
|
Membuat puisi berdasarkan gambar mempunyai langkah-langkah dan
urutan yang sudah ada dan lebih mudah dipahami agar puisi yang kita buat baik
dan indah.
1. Perhatikan
gambar seksama dangan teliti.
2. Catatlah pokok-pokok yang penting dari dalam
gambar.
3. Kembangkanlah
pokok-pokok isi gambar tersebut menjadi puitis.
Gambar
4.9 buku pengetahuan
Pokok isi gambar;
1. Buku adalah sumber ilmu
2. Buku bisa membuat orang pintar
3. Buku adalah jendela dunia
Pokok-pokok tersebut dapat di buat menjadi
puisi dengan judul BUKU.
BUKU
Aku
senang membaca buku
Kerena
buku sumber ilmu
Setiap
hari aku sempatkan membacamu
Agar
bertambah banyak ilmuku
Dalam
buku ku temukan beragam ilmu
Sungguh
berjasa engkau buku
Bagiku
dan bagi semua orang
Karena
itu aku ingin ajurkan pada siapa pun
Jadikanlah
buku sebagai teman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar