Jumat, 08 Januari 2016

BAB 10 KEGEMARANKU



BAB 10 KEGEMARAN KU


Gambar 4.1 hobi menyanyi               
Gambar 4.2 hobi menonton tv               
Gambar 4.3 hobi menari

Gambar 4.4 hobi bermaian sepak bola       
Gambar 4.5 hobi bermaian boneka        
Gambar 4.6 hobi berjalan-jalan
       Kalian semua pasti mempunyai kegemaran yang berbeda-beda bukan! Apakah kegemaran kalian semua? Apa ada yang suka bermain bola, menyanyi, menari, bermain boneka, bermain di taman bermain, berolah raga, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa bika lakuan sebagai aktifitas kita sehari-hari.
       Kegemaran atau yang sering kita bilang hobi adalah kegiatan dimana kita bisa menyalurkan bakat kita dan bisa jadi nantinya akan menjadi suatu pekerjaan bagi kita dimasa depan.
       Contohnya saja kegemaran bermain bola, kalau kita sering berlatih bermain bola maka nantinya kita akan pandai bermain bola menguasi berbagai macam teknik bermain bolah yang baik dan benar, saat kita semakin pandai kita bisa menjadi seorang pemain bola yang professional dan bisa membanggakan orang tua, keluarga, sekolah bahkan membagakan Negara Indonesia.





A.   Mendengarkan Dan Menirukan Dialog.
Standar kompetensi
Kometensi dasar
Indikator
·        memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.
·        memakukan sesuatu berdasarkan penje-lasan yang disam-paikan secara lisan dengan cara meniru-kan dialog

·        siswa dapat mengu-capkan kaliamat berita, tanya, perintah dan merirukan dialog dengn tepat.


       Di dalam kehidupan kita sehari-hari baik di rumah mau pun di sekolah, telah banyak cerita yang kita dengar tentang kegiatan keluarga dan teman-teman kita sendiri. Sehingga kita mengetahui watak tokoh dalam cerita tersebut. Setelah kita mengetahui watak tersebuat kita mungkin mampu untuk menirukan atau memerankan peran sebagai orang tersebut.
       Dialog merupakan pembicaraan atau percakan yang dilakuan oleh dua orang atau lebih.
Perhatikan dan dengarkan dialog berikut ini :
Yuk, berlatih !
Candra: hallo Dan, lagi mau ngapain kamu?                                 
Zidane: hallo juga Dra, aku binggung ni mau ngapain!
Candra: loo.. kenapa kamu binggung! Ayoo ikut aku aja kita pergi ke lapangan bola!
Zidane: HAH..!!! ke lapangan bola, kamu kan tau aku tidak bisa bermain 
bola..  
                                     Gambar 4.7 zidane dan candra berlatih sepak bola
Candra: kalau kamu tidak bisa kamu harus belajar dan berlatih, siapa tau nanti kamu bisa menjadi pemain bola yang hebat Dan,, ayoo nanti aku ajariin bagaimana caranya bermain bola, daripada kamu hanya melamun di rumah dan tidak melakuan kegiatan apa pun..!! ayo!!
Zidane: baiklah Can kalau begitu aku akan berlatih bermain bola dengan kamu,!
Candra: nah begitu dong,, yang semangat ya berlatihnya,,
Zidane: yuuk berangkat,,
       Percakapan diatas merupakan percakapan yang dilakukanoleh candra dan zidane di depan rumah zidane, candra mengajak zidane berlatih bermain bola dilapangan karena candra melihat kalau zidane hanya duduk di rumah dan tidak melakuan kegiatan apa pun.
       Dalam kutipan percakapan di atas bahwa dapat di simpulkan bahwa tokoh candra adalah oaring yang perian, baik, dan mau berbagi ilmunya kepada oaring lain sedangkan zidane tokonya malas dan tidak mau melakuan kegiatan apa pun diluar rumah, tapi setelah di ajak dengan candra dia pun mau berlatih, itu juga menunjukan bahwa zidane orangnya mau berusaha dan belajar tentang hal baru.

B.   Menceritakan Peristiwa.

Standar kompetensi
Kometensi dasar
Indikator
·        mengungkaokan perasaan, pikiran, dan pengalaman dengan bertelepon dan bercerita.

·        menceritakan peristiwa yang pernah di alami di lihat, dan di engar secra langsung.

·        siswa dapat menyebutkan pengalaman yang paling berkesan dan menceritakan yang paling penting bahkan menceritakan pengaman yang tidak dapat ia lupakan.


       Setiap oaring mempunyai pengalaman yang sangatlah berbeda-beda antara satu dengan yang lain, ada pengaman yang menyenangkan, sedih, membanggaakan, dan ada pengalaman yang tidak dapat dilupakan seumur hidup.
       Perhatikanlah salah satu pengalaman yang membanggakan dari salah satu teman kita berikut ini;
Pertama Kalinya Aku Naik Pesawat!
       Nama yuli aku tinggal di kota tenggarong. Waktu itu aku diajak oleh saudaraku untuk melakukan kegiatan di sore hari, saat itu aku menyadari bahwa aku akan di ajak berlatih di salah satu arena di stadion, aku di ajak berlatih menjadi atlet angkat berat. Awalnya aku merasa canggung dan kurang percaya diri di karenakan aku tidak bisa melakukan olahraga angat berat tersebut, setelah berminggu minggu latihan akhirnya aku bisa melakukannya dengan baik dan benar.
       Saat itu aku melakukan seleksi untuk mengikuti kejuaraan di Bekasi-Jakarta. Aku terpilih dan menjadi peserta di kejuaraan itu. Aku sangat bahagia dan takut. Aku bahagia karena aku bisa membanggakan orang tua ku, tapi aku takut karena aku tidak pernah naik pesawat, aku takut melihat berita berita di televise yang memberitakan tentang pesawat jatuh dan hlang di indoneisa ini.
       Hari keberangkatan pun tiba, aku dan rombongan sampai di bandara. Sesampainya dibandara tubuh ku tiba tiba dingin karena aku takut, saat cek in tubuh ku bertambah dinggin dan rasa takut itu pun semakimin jadi jadi. Masuk dipesawat aku duduk di tengah aku tskut untuk duduk dipinggir dekat jendela, didalam peswat tangan ku terus menggenggap salah satu tangan dari teman ku yang duduk di sampingku. Sepanjang perjalanan aku tertidur.
       Aku berada di bekasi selama 3 hari. Saat pertandingan aku mendapatkan juara ke-3akum sanggat bangga dengan gelar juara ku yang pertama walaupun tidak mendapatkan juara satu tapi aku senang dan banyak mendapat pengalaman dari perjalanan aku melaksanakan kejuaraan di bekasi.
       Setelah membaca cerita di atas kita dapat menceritakan kembali isi cerita tersebut. Agar kamu bisa menceritak cerita itu kembali dengan mudah kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut ini agar cerita mudah di pahami!
1.      Dimana tempat tinggal Yuli?
2.      Mengapa Yuli takut naik pesawat?
3.     Yuli menjadi atlet apa?
4.      Dimama pertandingan kejuaraan yang di ikuti yuli?
5.      Berapa hari pertandingan itu berlangsung?
6.     Yuli mendapatkan juara berapa pada pertandingan itu?

 Sesudah kalian menjawab pertanyaan tersebut coba kalian ceritakan pengalaman yang pernah kalian alami di depan kelas.









C.   Melengkapi Isi Cerita Anak.
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator
·  Mengungkapkam pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk kalimat dan paragraph.
· Melengkapi cerita anak berdasarkan kata-kata yang sudah di sediakan.
·     Siswa dapat mencatat pokok-pokok isi gambar dan melengkapi isi cerita anak berdasarkan gambar mau pun berdasarkan kata-kata yang sudah tersedia

Lengkapilah cerita berikut dengan kata-kata yang tersedia.

Bermain Ke Kolam Renang.
Pada hari minggu pagi Rara sudah ……
Ayah, ibu dan kakaknya mengajak pergi ke kolam renang.
Ibu dan Rara menpersiapkan persiapan ……… yang akan di bawa untuk ke kolam renang.
Ayah dan kakak mempersiapkan……
Setelah semuanya selesai mereka berangkat ke kolam renang menggunakan mobil.
Jalanan pada hari minggu sangat ….. sehingga mereka memerlukan waktu yang lama untuk sampai ke kolam renang. Ayah pergi memakir kendaraan. Ibu, kakak dan Rara antre membali ……….. masuk. Tiket itu …… 354,355,356, dan 357. Ibu mengantar rara pergi ke … untuk berganti pakaian. Ayah           
Gambar 4.8 Rara dan kelaurga di kolam renang
dan kakak jua pergi untuk berganti pakaian ke toilet laki-laki. Mereka bertiga asik sekali bermain air, sedangkan ibu menunggu mereka di pinggir kolam. Rara sangat senang di ajak berlibur ke kolam berenang karena rara bisa menyalurkan hobinya sekalian ia bisa sekalian berlatih.
pilihan jawabannya: 
Bekal
Macet dan Padat
Tiket
Bernomor
Bangun
Mobil

D.   Menulis Puisi Berdasar Gambar.

Standar Kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator
·  Mengungkapkan pikiran, dan  perasaan, kedalam sebuah karangan dan puisi sederhana yang baik dan tepat.
·  Menulis puisi berdasarkan gambar yang telah ada. Dengan menggunakan kata-kata yang semenarik mungkin.
·  Siswa dapat menulis pokok isi dari gambar yang dilihat, meggambarkan bagaimna isi pokok tersebut itu dan mampu merangkai kata-kata menjadi kalimat puisi yang sangat puitis.

       Membuat puisi berdasarkan gambar mempunyai langkah-langkah dan urutan yang sudah ada dan lebih mudah dipahami agar puisi yang kita buat baik dan indah.

1.     Perhatikan gambar seksama dangan teliti.
2.      Catatlah pokok-pokok yang penting dari dalam gambar.
3.     Kembangkanlah pokok-pokok isi gambar tersebut menjadi puitis.
4.      Berilah judul puisi tersebut.
Gambar 4.9 buku pengetahuan
Pokok isi gambar;
1.      Buku adalah sumber ilmu
2.      Buku bisa membuat orang pintar
3.      Buku adalah jendela dunia
 Pokok-pokok tersebut dapat di buat menjadi puisi dengan judul BUKU.

BUKU
Aku senang membaca buku
Kerena buku sumber ilmu
Setiap hari aku sempatkan membacamu
Agar bertambah banyak ilmuku
Dalam buku ku temukan beragam ilmu
Sungguh berjasa engkau buku
Bagiku dan bagi semua orang
Karena itu aku ingin ajurkan pada siapa pun
Jadikanlah buku sebagai teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname