BAB
8 KERAJINAN TANGAN
Gambar 2.2 bingkai
foto dari kardus tampak belakang
Banyak
benda-benda bekas disekitar kita yang bisa kita pergunakan untuk membuat
beberapa barang yang berguna untuk kita sendiri atau pun untuk orang lain
disekitar kita. Misalnya saja kita bisa menggunakan kardus bekas untuk
digunakan kembali untuk membuat figura atau bingkai foto. Seperti gambar
diatas!
A.
Mendengarkan
Arahan Atau Petunjuk
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
Indicator
|
· Memahami
penjelasan tentang arahan atau petunjuk yang dijelaskan
|
·
Melakukan sesuatu
berdasarkan arahan atau petunjuk atau penjelasan yang sudah di jelaskan
secara lisan dan gerakan
|
·
Siswa dapat membuat
produk dengan kreatifi-tasnya sendiri
|
Sekarang
kalian perhatikan arahan atau petunjuk yang dibacakan oleh guru sebagai
berikut!
Biasanya
kardus yang bertumpuk dirumah akan dibuang saja ke tempat sampah diluar rumah,
padahal jika memanfaatkan akan menjadi barang yang sangat indah dan yang pasti
bermanfaat. Contohnya dibuat figura atau bingkai foto.
Alat
dan bahan
1. Kardus
bekas
2. Koran
bekas
3. Lem
4. Plastic
mika (sebagai kaca bingkai)
5. Penggaris
6. Pisau
cutter
7. Gunting
8. Pulpen
/ pensil
Cara
membuat :
1. Cetak
pola ukuran foto diatas kardus menggunakan pulpen / pensil . buat pola border
kurang lebih seukuran lebar badan penggaris (+/- 3cm)
2. Cutter
pola yang telah dibuat. Jika sudah selesai maka buat lagi pola untuk bingkai
bagian belakang. Samakan ukuran bingkai bagian depan yang telah kita cutter.
3. Sekarang
kita punya 2 bagian bingkai foto (bagian depan dan belakang)
4. Kemudian
siapkan kertas Koran. Letakan pola bingkai yang telah buat diatas kertas Koran.
5. Garis
dipinggir sisi-sisi pola bingkai kurang lebih sekitar 1 cm. lakukan hal yang
sama pada bagian tengah pola bingkai foto bagian depan. Garis kurang lebih 1 cm
di sis-sisi bingkai.
6. Dimulai
dari bagian tengah pola depan bingkai foto, cutter sisi-sisi yang telah di
garis. Setelah selesai di cutter, rekatkan bagian yang tidak terpotong ke
sisi-sisi bingkai (rekatkan menggunakan isolatip).
7. Lalu
gunting sedikit kertas karton pada bagian antara pola bingkai depan dan
belakang lalu rekatkan dengan menggunakan isolatip. Lipat bingkai
8. Membuat
dudukan bingkai : Siapakan potongan kardus, buat pola berbentuk tranpesium.
Dengan tinggi +/- 10 cm. cutter pola yang telah dibuat kemudian lapisi pola
dengan kertas Koran lalu rekatkan dengan isolatip.
9. Lekuk
bagian atas dudukan, setelah itu rekatkan dudukan bingkai ke bagian belakang
bingkai menggunkan double-tape.
10.
Hasil figura atau bingkai foto dari kardus
bekas
Gambar 2.10 bingkai foto dari kardus tampak
depan
Gambar 2.11 bingkai foto dari
kardus tampak belakang
B.
Memberikan
Tanggapan Dan Saran
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
Indicator
|
· Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan atau saran
|
· Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
|
·
Siswa mampu mangamati
yang muncul disekitarnya dan dapat memberikan saran terhadap masalah-masalah
yang ada
|
Masalah :
membaca ditempat gelap atau kurang terang dapat menyebabkan masalah pada mata
dan membuat kepala pusing.
Tanggapan : membaca ditempat gelap atau
kurang terang sangat sulit dan sengat merepotkan dan bisa membuat gangguan
penyakit.
Saran : membaca seharusnya ditempat yang
cahaya cukup atau terang.
C.
Membaca
Nyaring
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
Indicator
|
· Memahami
teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
|
· Membaca
nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
|
· Siswa
mampu menyim-pulkan dan menjawab pertanyaan darri bacaan.
|
Bacalah teks dibawah
ini dengan nyaring di depan kelas!
Gambar
2.12 orang yang sedang kerja bakti
Hari
ini adalah hari minggu semua warga mengadakan kerja bakti di lingkungan desa.
Bapak ibu, maupun anak-anak ikut serta dalam kerja bakti. Bapak-bapak
membersihkan selokan dan rumput-rumput yang ada di pinggir jalan. Ibu-ibu
menyiapkan makanan untuk para warga yang ikut kerja bakti. Sedangkan anak-anak
membantu membuang sampah dan menyapu. Semua warga bekerja sama agar pekerjaan
cepat selesai.
Sampah-sampah
yang menyumbat selokan semua dibersihkan. Rumput-rumput yang ada di pinggir
jalan dipangkas. Daun-daun yang berjatuhan disapu.
Kebersihan
lingkungan desa merupakan tanggung jawab warga desa. Kerja bakti ini dilakukan
agar lingkungan desa menjadi bersih. Lingkungan desa yang bersih semua warga
akan merasa nyaman dan tentram
Panduan
Praktis Permata, Bahasa Indonesia semester 2, 2015
Inagt!
Dari
bahasan di atas kita bisa mengambil hikmahnya yaitu dengan melakukan kerja
bakti bersih-bersih kita bisa sekaligus mengumpulkan barang-barang yng masih
bisa di pergunakan kembali.
D.
Melengkapi
Puisi
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
Indicator
|
· Mengungkapkan
pikiran, persaan dan informasi dalam bentuk paragraph dan puisi
|
· Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar.
|
· Siswa
mampu membuat kalimat menyusun karangan berdasarkan dengan gambar.
|
Lengkapilah
puisi “bermain hujan-hujanan” dengan kata-kata yang
Gambar 2.13 anak
anak yang sedang bermain hujan
aku
suka bermain bola saat ……..
aku
bermain dengan ……..
bermain
hujan-hujanan sangat ……..
tapi
awas jangan terlalu lama
nanti
tubuh kita bisa ……..
Teman-teman
|
Menyenangkan
|
Turun hujan
|
Sakit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar