Rabu, 02 Desember 2015

BAB 8 KERAJINAN TANGAN



BAB 8 KERAJINAN TANGAN


       
Gambar 2.1 bingkai foto dari kardus tampak depan     

    
         Gambar 2.2 bingkai foto dari kardus tampak belakang
Banyak benda-benda bekas disekitar kita yang bisa kita pergunakan untuk membuat beberapa barang yang berguna untuk kita sendiri atau pun untuk orang lain disekitar kita. Misalnya saja kita bisa menggunakan kardus bekas untuk digunakan kembali untuk membuat figura atau bingkai foto. Seperti gambar diatas!
A.   Mendengarkan Arahan Atau Petunjuk
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator
·  Memahami penjelasan tentang arahan atau petunjuk yang dijelaskan
·      Melakukan sesuatu berdasarkan arahan atau petunjuk atau penjelasan yang sudah di jelaskan secara lisan dan gerakan
·   Siswa dapat membuat produk dengan kreatifi-tasnya sendiri

Sekarang kalian perhatikan arahan atau petunjuk yang dibacakan oleh guru sebagai berikut!
Biasanya kardus yang bertumpuk dirumah akan dibuang saja ke tempat sampah diluar rumah, padahal jika memanfaatkan akan menjadi barang yang sangat indah dan yang pasti bermanfaat. Contohnya dibuat figura atau bingkai foto.
Alat dan bahan


1.     Kardus bekas
2.     Koran bekas
3.     Lem
4.     Plastic mika (sebagai kaca bingkai)
5.     Penggaris
6.     Pisau cutter
7.     Gunting
8.     Pulpen / pensil


Gambar 2.3 alat-alat dan bahan


Cara membuat :
1.     Cetak pola ukuran foto diatas kardus menggunakan pulpen / pensil . buat pola border kurang lebih seukuran lebar badan penggaris (+/- 3cm­)
2.     Cutter pola yang telah dibuat. Jika sudah selesai maka buat lagi pola untuk bingkai bagian belakang. Samakan ukuran bingkai bagian depan yang telah kita cutter.
               
Gambar 2.4 kardus di ukur dan kemudian di potong              
gambar 2. 5 kardus selesai di ukur dan di potong
3.     Sekarang kita punya 2 bagian bingkai foto (bagian depan dan belakang)
Gambar 2.6 bingkai foto bagian depan dan belakang
4.     Kemudian siapkan kertas Koran. Letakan pola bingkai yang telah buat diatas kertas Koran.
5.     Garis dipinggir sisi-sisi pola bingkai kurang lebih sekitar 1 cm. lakukan hal yang sama pada bagian tengah pola bingkai foto bagian depan. Garis kurang lebih 1 cm di sis-sisi bingkai.
6.     Dimulai dari bagian tengah pola depan bingkai foto, cutter sisi-sisi yang telah di garis. Setelah selesai di cutter, rekatkan bagian yang tidak terpotong ke sisi-sisi bingkai (rekatkan menggunakan isolatip).
Gambar 2.7 merekatkan kertas Koran ke bingkai
7.     Lalu gunting sedikit kertas karton pada bagian antara pola bingkai depan dan belakang lalu rekatkan dengan menggunakan isolatip. Lipat bingkai
8.     Membuat dudukan bingkai : Siapakan potongan kardus, buat pola berbentuk tranpesium. Dengan tinggi +/- 10 cm. cutter pola yang telah dibuat kemudian lapisi pola dengan kertas Koran lalu rekatkan dengan isolatip.
                              
Gambar 2.8 bagian dudukan bingkai  
Gambar 2.9 bagian dudukan bingkai setelah dilapisi koran
9.     Lekuk bagian atas dudukan, setelah itu rekatkan dudukan bingkai ke bagian belakang bingkai  menggunkan double-tape.
10.                         Hasil figura atau bingkai foto dari kardus bekas
         

Gambar 2.10 bingkai foto dari kardus tampak depan    

Gambar 2.11 bingkai foto dari kardus tampak belakang

B.   Memberikan Tanggapan Dan Saran
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator
·  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan atau saran
·  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·   Siswa mampu mangamati yang muncul disekitarnya dan dapat memberikan saran terhadap masalah-masalah yang ada
Masalah      : membaca ditempat gelap atau kurang terang dapat menyebabkan masalah pada mata dan membuat kepala pusing.
Tanggapan : membaca ditempat gelap atau kurang terang sangat sulit dan sengat merepotkan dan bisa membuat gangguan penyakit.
Saran       : membaca seharusnya ditempat yang cahaya cukup atau terang.

C.   Membaca Nyaring
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator
· Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
·  Membaca nyaring  teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·  Siswa mampu menyim-pulkan dan menjawab pertanyaan darri bacaan.
Bacalah teks dibawah ini dengan nyaring di depan kelas!

“KERJA BAKTI DI DESA”

Gambar 2.12 orang yang sedang kerja bakti
Hari ini adalah hari minggu semua warga mengadakan kerja bakti di lingkungan desa. Bapak ibu, maupun anak-anak ikut serta dalam kerja bakti. Bapak-bapak membersihkan selokan dan rumput-rumput yang ada di pinggir jalan. Ibu-ibu menyiapkan makanan untuk para warga yang ikut kerja bakti. Sedangkan anak-anak membantu membuang sampah dan menyapu. Semua warga bekerja sama agar pekerjaan cepat selesai.
Sampah-sampah yang menyumbat selokan semua dibersihkan. Rumput-rumput yang ada di pinggir jalan dipangkas. Daun-daun yang berjatuhan disapu.
Kebersihan lingkungan desa merupakan tanggung jawab warga desa. Kerja bakti ini dilakukan agar lingkungan desa menjadi bersih. Lingkungan desa yang bersih semua warga akan merasa nyaman dan tentram
Panduan Praktis Permata, Bahasa Indonesia semester 2, 2015
Inagt!
Dari bahasan di atas kita bisa mengambil hikmahnya yaitu dengan melakukan kerja bakti bersih-bersih kita bisa sekaligus mengumpulkan barang-barang yng masih bisa di pergunakan kembali.


D.   Melengkapi Puisi
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator
· Mengungkapkan pikiran, persaan dan informasi dalam bentuk paragraph dan puisi
·  Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
·  Siswa mampu membuat kalimat menyusun karangan berdasarkan dengan gambar.
Lengkapilah puisi “bermain hujan-hujanan” dengan kata-kata yang
disediakan!
Bermain Hujan-Hujanan

Gambar 2.13 anak anak yang sedang bermain hujan
aku suka bermain bola saat ……..
aku bermain dengan ……..
bermain hujan-hujanan sangat ……..
tapi awas jangan terlalu lama
nanti tubuh kita bisa ……..
a.
Teman-teman
b.
Menyenangkan
c.
Turun hujan
c.
Sakit
                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname